NEWS UPDATE

Metropolis

PD Kebersihan akan Dilikuidasi

admin | Kamis, 19 Desember 2013 - 15:45:11 WIB | dibaca: 376 pembaca

BANDUNG-Wacana pembubaran Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung kembali mengemuka. Walikota Bandung Ridwan Kamil berpendapat, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini perlu dilikuidasi, karena tak kunjung menunjukkan performa baik.

 "Paling baik performanya itu PDAM, yang selalu merugi PD Kebersihan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan mengenai perbandingan BUMD di Kota Bandung. Dia menyatakan, bahwa sudah saatnya PD Kebersihan menjadi dinas kembali.

 "Karena satu-satunya kota yang Dinas Kebersihan-nya masih berbentuk PD, ya di Bandung. Selama ini memang subsidi terus. Sedang ada wacana melayani warganya melalui dinas kebersihan lagi seperti dulu," ujar Emil.

 Direktur Utama PD Kebersihan, Cece Iskandar membenarkan, wacana pembubaran ini selalu disampaikan pihak legislatif dan eksekutif. "Alasannya oleh pemerintah dan legislatif, bagi saya itu terserah pemerintah yang bersangkutan, karena  saya tak bisa berpendapat," tuturnya, kemarin (18/12).

 Cece mengaku hanya bisa pasrah seandainya tahapan pembubaran segera dimulai. Namun, Cece memohon adanya pertimbangan soal nasib 1.600 karyawan perusahaan."Jika terprogram seharusnya pertimbangkan soal karyawannya," ucapnya.

 Dia mengatakan, PD Kebersihan memang dibentuk bukan untuk menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD). Melainkan, pihaknya selalu dapat suntikan dana operasional dari subsidi APBD. "Perusahaan memang berorientasi keuntungan tapi tetap melayani kebutuhan umum masyarakat," terangnya.

 Sekarang pendapatan Rp 65 miliar tapi tidak dikontribusi ke PAD. Pada 2013, perusahaannya disubsidi Rp 65 miliar.

 Dia juga mengungkapkan, UU 18/2008 memang mengatur tentang pengelolaan sampah wajib dibiayai Pemerintah Daerah. "Kami mengharapkan ada solusi dan pergerakan yang jelas dari segala pihak," tandasnya.(amd)





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)